PERAN TENAGA PENDIDIK TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) DALAM PENGASUHAN ANAK (Studi Pada Tenaga Pendidik TPA Gading Preschool Di Kota Kendari)

Authors

  • Wa Ode Uswatun Hasanah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Tanzil Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Sarmadan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52423/welvaart.v5i1.7

Keywords:

Tenaga Pendidik, Anak, Pengasuh Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan peran guru dalam menjaga anak di taman penitipan anak (TPA) gading preschool di kota Kendari. Selain itu, penelitian ini juga menyelidiki dan menjelaskan tantangan yang dihadapi oleh guru di TPA gading preschool tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pemahaman yang luas dan mendalam tentang fenomena yang dialami subjek penelitian, seperti perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll., dengan menggunakan berbagai pendekatan alamiah. Hasil penelitian menunjukan peran seorang pengasuh daycare sangat penting dalam perkembangan dan pembentukan karakter anak-anak. Sebagian besar pengasuh daycare mempunyai kedekatan emosional dengan anak-anak yang mereka rawat. Tenaga pengasuh di TPA gading preschool selalu berusaha dalam membimbing anak agar dapat menjadi lebih baik, mengajarkan anak agar memahami keberagaman potensi anak,  menjadi perantara dalam proses perkembangan dan belajar anak, memberikan dorongan kepada anak agar lebih semangat dalam berlajar, Dan dalam pengasuh di TPA gading preschool memiliki salah satu kendala yang sering dialami para  tenaga pendidik adalah sulitnya menjaga konsentrasi dan motivasi belajar anak kurangnya kerja sama anatara pihak pengasuh dan orang tua anak dan fasilitas TPA  yang kurang memadai,  tenaga pendidik sulit menjaga konsentrasi dan motivasi belajar anak, anak-anak cenderung mudah bosan sehingga fokus mereka gampang sekli teralihkan.

References

Kamtini. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Ibu Yang Bekerja Di Luar Rumah. Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(80), 45–50.

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Patmonodewo, Soemiarti. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Putri, Novia Rachmanik. (2018). Implementasi Peranan Taman Penitipan Anak (TPA) Sebagai Wahana Pengasuhan Anak Bagi Orang Tua bekerja. Jurnal Sosiologi. 20 (2). 113-125.

Rizkita, Diantifani. (2017). Pengaruh Standar Kualitas Taman Penitipan Anak (TPA) Terhadap Motivasi dan Kepuasan Orang Tua (Pengguna) Untuk Memilih Pelayanan TPA Yang Tepat. Early Childhood: Jurnal Pendidikan. 1 (1). 1-16.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Wa Ode Uswatun Hasanah, Tanzil, & Sarmadan. (2024). PERAN TENAGA PENDIDIK TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) DALAM PENGASUHAN ANAK (Studi Pada Tenaga Pendidik TPA Gading Preschool Di Kota Kendari). Welvaart: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 5(1), 71–80. https://doi.org/10.52423/welvaart.v5i1.7

Issue

Section

Articles