STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) BATU BATA MERAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI DESA KIAEA KECAMATAN PALANGGA KABUPATEN KONAWE SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.52423/welvaart.v5i2.16Keywords:
Strategi Pengembangan Batu Bata Merah, Pendapatan KeluargaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah batu bata merah dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Desa Kiaea, Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model deskriptif, informan dalam penelitian ini ditentkan dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga informan dalam penelitian ini terdiri dari pemilik usaha dan pekerja batu bata. Data dalampnelitian ini diperoleh melalui wawancara dan studi dokumen, data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dengan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi peningkatan pendapatan keluarga pengusaha batu bata merah di Desa Kiaea meliputi beberapa aspek utama. Strategi produk dilakukan dengan meningkatkan kualitas bahan baku, sementara strategi harga berfokus pada penyesuaian harga berdasarkan kualitas bahan yang dikembangkan. Strategi distribusi diterapkan melalui penyediaan jasa pengantaran, dan strategi promosi berkembang dengan pemanfaatan media sosial. Melalui langkah-langkah ini, para pengusaha mampu memperluas usaha, meningkatkan daya saing, serta secara signifikan menambah pendapatan keluarga mereka.
References
Krisdayanti, M.H. and Dewandaru, B. (2022) ‘Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat’, WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), pp. 64–72. Available at: https://doi.org/10.37058/wlfr.v3i1.4719.
Madji, S. et al. (2019) ‘Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Rumput Laut Di Desa Nain Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara’, 7(3), pp. 3998–4006.
Mihani and Hutauruk, T.R. (2020) ‘Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Dapur Etam Sejahtera Samarinda Dalam Meningkatkan Penjualan’, Jurnal Riset Inossa, 2(2), pp. 111–122.
Sahrawi, Abizar, N.R.W. (2023) ‘Strategi Pemasaran Usaha Tahu Tempe Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19’, AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 18, pp. 160–166. Available at: http://repository.ummat.ac.id/4244/1/Cover-Bab 3.pdf.
Srijani, Kadeni, N. (2020) ‘Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat’, EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 8(2), pp. 191–200. Available at: https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i2.7118.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Vinatra, S. (2023) ‘Peran Usaha Mikro , Kecil , dan Menengah ( UMKM ) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat’, jurnal Akuntan Publik, 1(3), pp. 01–08.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Edwin Munansah, Syaifudin Suhri Kasim, Sarmadan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.