DAMPAK PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. VDNI TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT (Studi Di Desa Morosi Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe)

Authors

  • Bernesi Demma Dandan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Sarmadan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Megawati Asrul Tawulo Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52423/welvaart.v5i1.10

Keywords:

Dampak, Corporate Social Responsibility (CSR), Sosial Ekonomi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana program Corporate Social Responsibility (CSR) diterapkan di Desa Morosi Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe dan bagaimana hal itu berdampak pada masyarakat.  Penelitian kualitatif adalah metode yang digunakan untuk melakukan penelitian. Ini adalah jenis penelitian yang mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran individu dan kelompok. Dalam penelitian ini, informan yang dipilih adalah masyarakat Desa Morosi, Kepala Desa Morosi, dan Humas PT.VDNI, karena metode purposive sampling digunakan. Data primer dan sekunder digunakan, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya program Corporate Social Responsibility (CSR PT. VDNI di Desa Morosi memberikan dampak terhadap kehidupan social ekonomi masyarakat. Dampak sosial ekonomi yaitu meningkatkan kesejahteraan masayarakat, meningkatkan standard pendidikan dan penyelesaian masalah lingkungan. Adapun dampak negatifnya yaitu memicu terjadinya konflik dimasyarakat yang dimana konflik yang terjadi di masyarakat tidak memberikan pengaruh yang signifikan hanya berdampak kecil dimasyarakat. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah program Corporate Social Responsibility (CSR) PT.VDNI telah berdampak besar pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat setempat. Namun selain itu juga timbul dampak negatif tetapi tidak berpengaruh signifikan di masyarakat.

References

Joko, T. (2010). Unit Produksi dalam Sistem Penyediaan Air Minum. Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Marthin et al., (2017). Implementasi Prinsip Corporate Social Responsibility (CSR) Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. Journal Of Private And Commercial Law. 1 (1).

Simorangkir dan Arrifah (Eds). (2009). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jakarta: Departemen Hukum dan HAM RI

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triyani, Olza. (2017). Implementasi Program CSR Darmasiswa Chevron Riau PT.CHEVRON PASIFIC Indonesia Pekanbaru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. JOM FISIP, 4 (2).

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Bernesi Demma Dandan, Sarmadan, & Megawati Asrul Tawulo. (2024). DAMPAK PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. VDNI TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT (Studi Di Desa Morosi Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe). Welvaart: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 5(1), 99–108. https://doi.org/10.52423/welvaart.v5i1.10

Issue

Section

Articles