FUNGSI KELOMPOK PENCINTA BACAAN ANAK (KPBA) DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA (Studi Di KPBA Poasia Kota Kendari)

Authors

  • La Ode Monto Bauto Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Wa Jawa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Bakri Yusuf Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52423/welvaart.v5i2.14

Keywords:

Kelompok Pecinta Bacaan Anak, Minat Baca, Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi kelompok pecinta bacaan anak dalam meningkatkan minat baca anak dan faktor-faktor pendukung dan penghambat fungsi kelompok pecinta bacaan anak  dalam meningkatkan minat baca anak di poasia kota kendari. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling sehingga yang menjadi informan adalah Ketua KPBA, Pengurus KPBA, Anak dan Orang Tua Anak. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini   yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan. Hasil penelitian ini menunjukan 1) fungsi kelompok pecinta bacaan anak dalam meningkatkan minat baca anak meliputi : sebagai sumber belajar, sebagai sumber informasi, dan tempat rekreasi dan edukasi. 2) faktor pendukung dan penghambat kelompok pecinta bacaan anak  dalam meningkatkan minat baca anak. Fakto pendukung meliputi : koleksi bahan bacaan yang beragam, bimbingan belajar dan ketermpilan yang di minati, kerjasama dengan komunitas-komunitas lain. Sedangkan untuk faktor penghambatnya meliputi : rendahnya minat sebagian anak dalam membaca buku, kurangnya buku bacaan yang terbaru, dan sarana dan prasarana yang kurang memadai.

References

Adisty, Naomi. (2022). “Hari Buku Sedunia_ Bagaimana Tingkat Minat Membaca Masyarakat Indonesia_GoodStats”.

Harahap. E. Dkk. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islami. Bojong: PT. Nasya. Expanding. Management.

Maharani, O. D., Laksono, K., & Sukartiningsih, W. (2017). Minat Baca Anak-anak di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian,3(1), 320–328.

Rahim, F (2008). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar, Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Syahrul, dkk. (2017). Metodologi Penelitian Pembelajaran Bahasa Indonesia. Padang: Sukabina Press.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

La Ode Monto Bauto, Wa Jawa, & Bakri Yusuf. (2024). FUNGSI KELOMPOK PENCINTA BACAAN ANAK (KPBA) DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA (Studi Di KPBA Poasia Kota Kendari). Welvaart: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 5(2), 10–18. https://doi.org/10.52423/welvaart.v5i2.14

Most read articles by the same author(s)