PERAN PEREMPUAN PENGRAJIN SARUNG TENUN DALAM UPAYA MEMENUHI PENDAPATAN KELUARGA (Studi Di Desa Gumanano Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah)

Authors

  • Musrina Harun Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Darmin Tuwu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Aryuni Salpiana Jabar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52423/welvaart.v5i1.8

Keywords:

Peran Perempuan, Pengrajin Sarung Tenun, Pendapatan Keluarga

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji peran perempuan pengrajin sarung tenun dalam menopang ekonomi keluarga di Desa Gumanano, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, studi ini melibatkan 13 informan yang dipilih melalui teknik purposive sampling, terdiri dari 12 pengrajin sarung tenun dan seorang kepala desa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas menenun sarung memainkan peran krusial dalam perekonomian keluarga para pengrajin. Pendapatan dari penjualan sarung tenun tidak hanya berfungsi sebagai tambahan penghasilan suami, tetapi juga menjadi sumber utama pemenuhan kebutuhan hidup keluarga. Lebih jauh, hasil penjualan ini juga dapat ditabung untuk keperluan masa depan. Namun, para pengrajin menghadapi beberapa tantangan dalam upaya mereka meningkatkan pendapatan keluarga. Dua hambatan utama yang teridentifikasi adalah keterbatasan modal usaha dan waktu yang terbatas untuk menenun. Faktor-faktor ini membatasi kapasitas produksi dan potensi pengembangan usaha mereka.

References

Cerita di Balik Kain Tenun Kamohu, Dibuat Perempuan di Bawah Rumah Panggung Https://umkm.kompas.com/read/2022/09/19/190000383/cerita-di-balik-kain tenun-kamohu-dibuat-perempuan-di-bawah-rumah-panggung.

Dwi Artih, R. E., & Susilawati, N. (2019). Dominasi Perempuan Sebagai Pencari Nafkah Utama dalam Keluarga Buruh Tani (Studi Kasus di Desa Batu Hampar Kecamatan Kayu Aro Barat Kabupaten Kerinci). Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 2(4), 449-455.

Hazani, I. A., Taqwa, R., & Abdullah, R. (2019). Peran Pekerja Perempuan dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Migran di Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang. Populasi, 27(2), 13-29.

Hermanto, D. (2018). Analisis kontribusi pendapatan ibu rumah tangga pemetik jambu biji pada PT. Nusantara Tropical Farm (NTF) terhadap pendapatan keluarga di Kabupaten Lampung Timur. Media Ekonomi, 8(2), 82-94.

Sandra, K. I. (2013). Manajemen waktu, efikasi-diri dan prokrastinasi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3).

Sukirno, S. (2017). Pengantar Bisnis. Jakarta: Prenada Media.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Musrina Harun, Darmin Tuwu, & Aryuni Salpiana Jabar. (2024). PERAN PEREMPUAN PENGRAJIN SARUNG TENUN DALAM UPAYA MEMENUHI PENDAPATAN KELUARGA (Studi Di Desa Gumanano Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah). Welvaart: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 5(1), 81–88. https://doi.org/10.52423/welvaart.v5i1.8

Issue

Section

Articles