ANALISIS PROGRAM PENDIDIKAN KETERAMPILAN DI YAYASAN SAHABAT YATIM INDONESIA

Authors

  • Angel Febriani Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia
  • Eva Nuriyah Hidayat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52423/welvaart.v5i1.1

Keywords:

Program Sosial, Pendidikan Keterampilan, Perencanaan Sosial, Yatim dan Dhuafa

Abstract

Pendidikan menjadi pintu menuju manusia yang berkualitas. Sebagai salah satu indikator penting dalam pembangunan negara, setiap anggota masyarakat perlu mendapat pendidikan yang berkualitas yang sudah menjadi hak semua warga negara. Yayasan Sahabat Yatim Indonesia sebagai salah satu lembaga sosial yang bergerak pada pemberian program pendidikan, bantuan sosial, hingga pemberdayaan masyarakat menjalankan fungsinya dengan membuat program-program pendidikan keterampilan bagi anak yatim dan kaum dhuafa. Dalam perancangan program, tentu perlu adanya perencanaan program dan desain program yang matang agar dapat mencapai tujuan program dan menjadi gambaran bagi pelaksanaan program selanjutnya. Tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis perencanaan, desain program, dan manajemen program sosial pada program Pendidikan Keterampilan di Yayasan Sahabat Yatim Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pengumpulan data dan informasi melalui studi literatur. Berdasarkan hasil analisis, program yang dilaksanakan telah sesuai dengan tahapan-tahapan perencanaan program sosial. Selain itu, manajemen program juga dapat dikatakan cukup baik dari berbagai aspek yang dianalisis

References

Hidayat, M. A., Anwar, A., & Hidayah, N. (2017). Pendidikan Non Formal Dalam Meningkatkan Keterampilan Anak Jalanan. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 1.

Kettner, P. M., Moroney, R. M., & Martin, L. L. (2016). Designing and Managing Programs: An Effectiveness-Based Approach. SAGE Publications.

Mardiana. (2023). Manajemen Pengelolaan Lembaga Kesejahteraan Sosial dalam Membentuk Kemandirian Panti Pelayanan Sosial Anak. IMEJ: Islamic Management and Empowerment Journal, 5, 61-72.

Munthe, I. S., & Raharjo, S. T. (2018). PEMENUHAN KEBUTUHAN AFEKSI PADA ANAK (PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN KEPERCAYAAN DIRI DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK - LKSA). Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 1, 119-123.

Patti, R. J. (2009). The Handbook of Human Services Management (2nd ed.). Sage Publications, Inc.

Pemerintah Indonesia. (n.d.). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0.

Sulfemi, W. B. (2018). Modul Manajemen Pendidikan Nonformal.

Waani, F. J., Indy, R., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial. Journal of Social and Culture, 12.

Yunadi, F. A. (2020). Pemberdayaan Kaum Dhuafa Oleh Yayasan Yatim Indonesia Melalui Pendidikan Keterampilan.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Angel Febriani, & Eva Nuriyah Hidayat. (2024). ANALISIS PROGRAM PENDIDIKAN KETERAMPILAN DI YAYASAN SAHABAT YATIM INDONESIA. Welvaart: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.52423/welvaart.v5i1.1

Issue

Section

Articles