PELATIHAN EKONOMI PRODUKTIF PEMBUATAN TELUR ASIN KEMUNING DI POSYANDU LANSIA KELURAHAN KEBALEN KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Ahmad Fhani Politeknik Kesejahteraan Sosial, Bandung, Indonesia
  • Moch. Ilham Noer Sunan FISIP Universitas Jember, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52423/welvaart.v5i1.3

Keywords:

Lansia, Pelatihan, Telur Asin, Posyandu Lansia

Abstract

Lanjut Usia sebagai salah satu fase kehidupan manusia dimana pada fase ini mulai terjadi perubahan fisik, sosial dan psikologis. Perubahan-perubahan tersebut menimbulkan berbagai permasalahan salah satunya adalah permasalahan ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun Teknik dalam pengambilan data menggunakan Teknik wawancara, observasi, studi dokumentasi, FDG, dan MPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai isu permasalahan Lanjut Usia di Kelurahan Kebalen, Kabupaten Bekasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kegiatan Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif Pembuatan Telur Asin Kemuning dengan tema Bangga Menjadi Lansia Yang Berdaya sudah dilaksanakan dan berjalan dengan lancar. Dari mulai pembukaan hingga penutupan dan hampir semua peserta mengikutinya dengan baik. Selain itu seluruh peserta pelatihan memiliki antusias yang tinggi terkait pelatihan pembuatan telur asin dibuktikan dengan seriusnya partisipasi peserta yang ikut serta dalam praktik pembuatan telur asin dan peserta yang banyak bertanya kepada instruktur terkait pembuatan telur asin. Setelah dilakukan monitoring bahkan sebagian besar peserta ada yang langsung mempraktekan keterampilan pembuatan telur asin di rumah masing-masing.

References

Badan Pusat Statistik. (2010). Statistik Penduduk Lanjut Usia Indonesia 2010.

Peraturan Wali Kota Bekasi Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok Dan Fungsi Serta Tata Kerja Pada Kelurahan Kota Bekasi.

Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Sosial Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Asistensi Rehabilitasi Sosial

Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 28 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia di Daerah Provinsi Jawa Barat.

Rustanto, Bambang. (2015). Penelitian Kualitatif Pekerjaan Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia.

Zubaedi. (2013). Pengembangan Masyarakat Wacana & Praktik. Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Ahmad Fhani, & Moch. Ilham Noer Sunan. (2024). PELATIHAN EKONOMI PRODUKTIF PEMBUATAN TELUR ASIN KEMUNING DI POSYANDU LANSIA KELURAHAN KEBALEN KABUPATEN BEKASI. Welvaart: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 5(1), 24–32. https://doi.org/10.52423/welvaart.v5i1.3

Issue

Section

Articles